CARA MENUJU DESA CIPEUTEUY, Desa Gerbang Halimun

// // Leave a Comment


Dusun Pandan Arum, dusun paling ujung di Desa Cipeuteuy dan berbatasan dengan TNGHS

Cipeteuy adalah salah satu dari dua desa yang berada di kawasan Koridor Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Desa ini merupakan salah satu jalan masuk ke Kasepuhan Cipta Gelar. Berikut ini adalah cara untuk mencapai Desa Cipeuteuy. 

JIka dari Bogor, desa ini dapat dicapai melalui dua jalur, yaitu: jalur yang melewati Jalan Raya Sukabumi dan jalan alternatif melalui Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. 

Jalur Sukabumi dapat ditempuh dengan 
menggunakan mobil colt jurusan Sukabumi atau bus jurusan Sukabumi-Bogor hingga terminal Parung Kuda. Colt ataupun bus dapat ditemui di terminal Baranangsiang, Kota Bogor. Ongkos untuk colt sekitar 15 ribu dan ongkos bus adalah 15 ribu untuk bus AC atau sekitar separuhnya jika bukan bus AC. Bagi yang belum mengetahui lokasi lebih baik berkata lebih dahulu pada sopir jika akan turun di terminal Parung Kuda. Jalan raya Sukabumi merupakan jalan yang rawan macet sehingga waktu tempuh menuju lokasi juga tidak bisa dipastikan, namun kira-kira 2-3 jam. 

Setelahnya dari Parung Kuda, hanya terdapat angkutan khusus (semcam mobil colt) menuju Desa Cipeuteuy yang akan mengantarkan hingga terminal Desa Cipeuteuy. Ongkosnya sekitar 12 ribu dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Kondisi jalan dari terminal Parung Kuda menuju desa ini adalah jalan aspal yang sudah mengalami beberapa kerusakan, namun masih cukup baik untuk jalur transportasi. Angkutan  ini akan mengantarkan penumpang sampai dengan Dusun Pandan Arum yaitu dusun yang terletak paling ujung di Desa Cipeuteuy.

Sedangkan jalur dari Leuwiliang hanya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi karena jalur ini tidak dilewati kendaraan umum. Jalur Leuwiliang ini melewati kawasan TNGHS dan PT Perkebunan Nusantara VIII Cianten. Kondisi jalan ini kurang baik dan berbatu-batu, sehingga jika menggunakan kendaraan harus kendaraan yang kuat. Jalur ini cukup sering digunakan sebagai jalur transportasi alternatif karena jalur utama Sukabumi – Bogor sering mengalami kemacetan. Jalur ini merupakan jalur utama distribusi hasil pertanian dari desa ke daerah Bogor.

Jalan dusun di Desa Cipeuteuy


Antar dusun di Desa Cipeuteuy dihubungkan dengan jalan aspal yang pada beberapa tempat sudah mulai rusak, kecuali pada jalan utama menuju Dusun Pandan Arum yang memiliki jalan yang cukup baik. Jalan tersebut baru dibangun beberapa tahun lalu dengan didanai oleh bantuan pemerintah. Selain jalan aspal utama yang menghubungkan dusun-dusun, banyak pula jalan-jalan kecil yang menghubungkan antara kampung-kampung yang merupakan permukiman yang sebagian besar letaknya menyebar menjadi kelompok-kelompok kecil. Jalan penghubung permukiman tersebut sebagian besar merupakan jalan tanah atau jalan berbatu yang cukup sulit dilalui kendaraan. 

        Di desa ini dijangkau oleh sinyal telepon seluler dari berbagai operator, namun jika di kampung-kampung yang terletak di dekat hutan, hanya sinyal-sinyal operator tertentu saja yang dapat menjangkaunya. Di pusat desa terdapat sebuah warnet (warung internet) yang biasa digunakan oleh warga desa yang umumnya kaum muda. 

(Catatan tahun 2011)

0 comments:

Post a Comment