Bagaimana berkomunikasi dengan orang sibuk di AS?

// // Leave a Comment

Diskusi di lapangan (Boardman, OR- USA)


Di bawah ini adalah tips untuk kamu-kamu yang mungkin saja akan/ingin berinteraksi dengan orang asing, khususnya di AS. Bagi orang kerja ataupun anak sekolah, bertemu dengan orang ahli pasti sering dilakukan, terlebih untuk mencari informasi ataupun pendapat ahli. Nah, tips berikut mungkin bermanfaat untuk kamu. (Aku mendapat tips ini dari rekan kerja di AS yang mengatakan bahwa banyak sekali kesulitan bagi orang asing yang datang AS untuk berkomunikasi.)


Bagaimana caranya agar kita mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari orang lain.

3 Hal yang sangat krusial dan perlu diingat:

1. Waktu adalah uang
2. Lugas/ langsung/ to the point
3. Pastikan tahu yang kamu mau

Waktu adalah uang: Jika bertemu dengan orang, asumsikan jika mereka sangat sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk kamu. Jadi, buatlah waktu menjadi sangat berharga ketika kamu sedang bertemu dengan seseorang.

Perusahaan, Universitas, Lembaga pemerintah, LSM semuanya memiliki banyak pekerjaan dan juga banyak dicari orang. Karena waktu adalah uang, kamu juga harus sadar bahwa jika waktu yang mereka luangkan untukmu sangatlah berharga. Orang AS senang berdiskusi dan menjawab pertanyaan, tapi tidak dalam waktu lama yang menyita. Jadi kalau mau bertemu, siapkan dulu pertanyaan yang ingin disampaikan, dan kemukakan maksud tujuan dengan jelas.


To the point/ lugas: Di AS, jika kamu bertanya dengan penuh basa-basi, biasanya orang tidak akan merespon. Jadi langsung saja ke inti persoalan.

Di AS, kamu harus lugas. Orang tidak suka menghabiskan waktu untuk menebak-nebak apa maksudmu. Langsung hajar saja ke inti persoalan!Jika kamu tidak jelas atau malah terlalu lama basa-basi, sudah dipastikan kamu akan dicuekin.
Bagaimana caranya to the point? Umpamakan seperti bicara dengan anak kecil. Asumsikan mereka tidak tahu apa-apa tentang kamu dan apa yang akan kamu bicarakan. Kamu harus memilih kata-kata sederhana yang mudah dimengerti. Permasalahan boleh rumit, tapi kata-kata yang digunakan harus sederhana.


Kamu harus tahu yang kamu mau: Jika kamu saja bingung apa yang kamu mau, ya susah. Sama halnya jika kamu tidak bisa menjelaskan secara gamblang keinginan kamu, dipastikan kamu tidak akan mendapatkannya.


7 C untuk komunikasi
Clear = Jelas
Concise = Singkat
Concrete = Kongkrit/ nyata
Correct = Tepat
Coherent = Sesuai/ cocok
Complete = Lengkap
Courteous = Sopan


Contoh kasus: Ada seseorang (bukan orang AS) yang ingin pergi menemui seorang profesor. Dia mengajak rekan kerjanya yang orang AS.

Si pengajak: “Apa kamu mau pergi ke kampus besok?”
Jawaban si rekan: Tidak, aku tidak punya urusan di kampus besok.

Padahal maksud ajakannya: “Maukah kamu menemaniku ke kampus untuk bertemu profesor dan membantuku memahami apa yang akan dia katakan?"

Ya, memang ini sangat berbeda sekali dengan budaya di Indonesia, khususnya di Jawa yang sangat penuh dengan basa-basi dan silat lidah. Seperti kata pepatah, 'Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung." maka jika kita bekerja/ tinggal di luar negeri, sudah pasti aturan di sini yang dipakai. Jika tidak? Siap-siap saja gigit jari.

------------------

0 comments:

Post a Comment